Buah Hatiku

Buah Hatiku
Van en Bas

Thursday, November 20, 2014

Tips Mengatasi Anak Susah Makan


Susah makan pada anak adalah persoalan yang dihadapi hampir semua orang tua. Tak heran topik susah makan pada anak, menjadi selalu hangat untuk diperbincangkan. Baik sesama orangtua, khususnya para ibu maupun dengan pakar psikologi dan pakar gizi.

Tumbuh kembang anak adalah hal mendasar yang harus menjadi perhatian para orangtua. Asupan makan adalah salah satu unsur penting untuk tumbuh kembang anak. Karena susan makan pada anak tidak bisa dianggap sepele. Dampak susah makan pada anak jangka pendek, anak hanya kelaparan dan otomatis menjadi rewel. Sedangkan dampak jangka panjang, anak bisa kekurangan gizi.

Bukan hanya perhatian tapi juga kesabaran yang lebih besar sangat diperlukan saat menghadapi masalah susah makan pada anak.

Pasti tidak ada orangtua yang mau menghadapi anak rewel apalagi sampai kekurangan gizi. Untuk mengatasi penyebab anak susah makan, perlu dievaluasi situasi dan kondisinya.

Berikut Tips mengatasi anak susah makan:

1. Perhatikan atau kenali, apakah anak tidak enak badan? Demam, mau tumbuh gigi, batu- pilek atau alergi? Dengan mengetahui kondisi anak, sebagai orangtua, kita dapat mengatasi dengan menyelseaikan persoalan utamanya (sakit/penyebab nggak mau makan)

2. Makanan apa yang ditolak anak? jenisnya, teksturnya atau masakannya (rasa)
jangan sepelekan indera pengecap anak. Dengan mengetahui apa yang ditolak, orangtua bisa berkreasi. Misalnya bahan makanannya disajikan dengan tampilan yang menarik. Jika tekstur sebagai penyebab (keras/kasar) maka makanan bisa diperlunak. Jika soal rasa, pedas, manis atau asin, inipun dapat disesuaikan.

3. Suasana makan
biaanya dengan menerapkan aturan, makan di meja makan dan dalam suasana santai/hening. Jika ada latar belakang musik pastikan musik yang tenang.

4. Berkreasilah.
Bangunkan suasana makan yang menyenangkan, Bisa dengan tampilan makanan atau dengan bercerita.

Ketika kedua anak saya masih balita, saya bercerita dengan sayur dan lauk sebagai tokoh utama. Termasuk mengapa sayuran dan lauk perlu bagi tubuh, selain agar sehat, makanan yang dimakan berguna membuat anak bertumbuh menjadi besar dan pintar. Selamat menerapkan tips mengatasi anak susah makan, semoga bermanfaat.

No comments: